Minggu, 01 Mei 2011

Abaikan Israel, Mesir Akhirnya Buka Perbatasan Rafah


KAIRO (Berita SuaraMedia) - Mesir akan secara permanen membuka perbatasan Rafah untuk meringankan blokade di Gaza, Menteri Luar Negeri Nabil al-Arabi mengatakan Jumat, memicu kekhawatiran Israel atas implikasi bagi keamanan regional.

Arabi mengatakan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Al-Jazeera bahwa negaranya akan mengambil "langkah-langkah penting untuk membantu meringankan blokade di Gaza dalam beberapa hari mendatang," menurut saluran satelit berbahasa Arab tesebut.

Ia mengatakan Mesir tidak lagi menerima bahwa perbatasan Rafah - satu-satunya persimpangan Gaza yang memotong Israel - tetap diblokir, menggambarkan keputusan negaranya untuk menutup jalur ini sebagai "memalukan."

Seorang pejabat senior Israel mengatakan, rezim zionis "sangat prihatin" mengenai implikasi dari perbatasan Rafah yang dibiarkan terbuka.

Berbicara pada kondisi anonimitas, pejabat Israel itu menuding Hamas sudah membangun sebuah "mesin militer yang berbahaya" di Sinai utara yang bisa lebih diperkuat dengan membuka perbatasan.

"Kami sangat prihatin mengenai situasi di Sinai utara di mana Hamas telah berhasil membangun mesin militer yang berbahaya, meskipun ada upaya Mesir untuk mencegah itu," katanya, tanpa memberikan bukti jelas mengenai tuduhan tersebut.

Fakta bahwa rezim yang baru di Kairo berusaha meningkatkan hubungan dengan penguasa Gaza, Hamas, adalah sebuah isu yang dapat memiliki implikasi strategis bagi keamanan nasional Israel, katanya.

"Kami terganggu dengan perkembangan di Mesir, oleh seruan-seruan untuk membatalkan perjanjian damai, dengan pemulihan hubungan antara Mesir dan Iran, dan oleh peningkatan hubungan antara Mesir dan Hamas. Perkembangan potensial ini memiliki implikasi strategis bagi keamanan nasional Israel."

Langkah itu diumumkan sehari setelah Hamas mencapai kesepakatan rekonsiliasi kejutan dengan saingannya, Fatah yang yang mengendalikan Otoritas Palestina, dalam sebuah perkembangan yang menyebabkan kemarahan dan kekhawatiran di Israel.

"Perkembangan baru-baru ini sudah sangat mengkhawatirkan," katanya, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Perbatasan Rafah adalah satu-satunya cara masuk dan keluar dari Gaza yang tidak melewati Israel.

Mesir telah secara aktif mendukung blokade Israel, sering mendapatkan kritik regional yang keras karena menjaga perbatasan tetap tertutup dan untuk membangun dinding bawah tanah dalam upaya untuk mengekang penyelundupan, yang dilihat sebagai bahaya keamanan.

Tapi awal tahun ini, protes jalanan massal di Mesir menyebabkan tergulingnya presiden Hosni Mubarak dan rezim militer baru yang tertarik untuk meninjau ulang kebijakan di Gaza.

Membuka perbatasan tanpa pengawasan internasional mungkin melanggar perjanjian tahun 2005 antara Israel dan Mesir yang ditengahi oleh Amerika Serikat.

Berdasarkan ketentuan dari kesepakatan itu, penyeberangan akan berada di bawah kendali Mesir dan Palestina, dengan pengamat Eropa dan kamera pengintai Israel.

Mesir sebagian besar tetap menutup Rafah, hanya membukanya untuk kasus-kasus kemanusiaan di Jalur Gaza terkepung.

Israel memberlakukan blokade di Gaza pada tahun 2006, melanjutkan pengetatan di tahun berikutnya ketika Hamas secara adil memenangkan wilayah itu dari pasukan yang setia dari Pemimpin Fatah Mahmoud Abbas yang didukung Barat.

Sejak tahun 2007, 1,5 juta Gaza orang telah mengandalkan jaringan terowongan di bawah perbatasan Rafah untuk sebagian besar kebutuhan mereka.

Perjanjian 2005 ditengahi oleh Amerika Serikat menempatkan Otoritas Palestina dan Israel bertanggung jawab atas Rafah, dengan pengamatan dari Uni Eropa. (iw/meo/afp)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Obrolan

Ads Banner

Followers

Catatan Tarbiyah Copyright © 2009 Daya Mandiri Designed by Rizky Priyatna